Simak Gan,.Mengenal Apa Itu Lucied Dream

Lucid Dream adalah kondisi dimana seseorang sadar bahwa dia sedang bermimpi. Kata “lucid” pertama kali digunakan oleh Faderik Van Eaden. Lucid Dream biasanya dimulai di tengah-tengah mimpi berlangsung, saat pemimpi menyadari sesuatu yang berbeda, ganjil atau tidak masuk akal. Namun pada beberapa kasus, sesorang tanpa sengaja mengetahui bahwa ia sedang bermimpi, mereka tiba-tiba saja sadar kalau ini hanyalah mimpi.

Dalam kondisi Lucid (sadar) seseorang mampu melakukan hal-hal yang tak mungkin dilakukan di dunia nyata, seperti terbang, mengubah sekitar dan lain lain. Tingkat kesadaran dalam lucid dream juga berbeda beda.Saat seseorang menglami level Lucid yang tinggi, ia sadar betul apa yang dialami hanyalah rekayasa pikiran semata, tak ada yang perlu ditakutkan. Ia juga sadar bahwa dirinya yg asli masih tertidur lelap.

Pada tingkatan ini mengubah skenario mimpi, memunculkan benda-benda, maupun mengendalikan semua karakter dalam mimpi adalah mungkin.Saat level lucid seseorang rendah, ia mungkin sadar bahwa ini hanya mimpi, ia mungkin dapat terbang, mengubah sekitar namun tidak sadar bahwa semua itu hanya rekayasa pikiran, tidak sadar tubuh aslinya sedang tertidur lelap.

Alasan Mempelajari Lucid Dream

Mendengar kata Lucid Dream pasti banyak yang menanyakan ,”Untuk apa?”, “Apa Gunanya” dan semua pertanyaan yang intinya meragukan tujuan dari mempelajari Lucid Dream.

Simple saja, “Bila kita sadar saat kita bermimpi, maka kita dapat melakukan apapun tanpa batasan. Dan sangat menyenangkan”. Kebanyakan orang mempelajari Lucid Dream hanya untuk memperoleh kesenangan.

Berikut beberapa manfaat Lucid Dream:

1.Petualangan Dan Fantasy

Minat terbesar mempelajari Lucid Dream adalah keinginan untuk berpetualang dan melakukan hal-hal yang mustahil demi kesenagan. Salah satu keinginan terbanyak para Lucid Dreamer adalah terbang, sesuatu yang mustahil di lakukan di dunia nyata, apalagi terbang tanpa ada seorang pun yang menghalangi. Sifat dasar manusia yang menginginkan kebebasan (freedom) semakin terlihat.

2.Menghadapi Mimpi buruk

Bagi sebagian orang yg kurang beruntung, setiap malam mengalami mimpi buruk yang tiada henti. Mimpi buruk dapat diakibatkan oleh beban hidup maupun phobia akan sesuatu. Bila kita mampu mengendalikan mimpi kita dalam hal ini Lucid Dream, maka Lucid Dream adalah sarana terbaik untuk menghentikan Teror mimpi buruk yg menghatui kita.

Dengan menyadari bahwa di dalam mimpi kita tidak dapat dilukai , ini adalah kesempatan untuk mengalahkan monster di mimpi kita, daripada hanya berlari-larian menghindari apa yang kita takuti, lebih baik menghadapinya. Lucid Dream mengajari bagaimana mengahadapi ketakutan, dan membuat kita lebih tangguh dan berani menghadapi apapun.Very Happy

3.Kreatifitas dan Inspirasi

Mimpi memiliki potensi kretifitas yang tinggi, sebagian orang percaya ada sesutu yg tersembunyi dalam mimpi yang berhubungan dengan kreatifitas manusia. Dibandingkan dengan melamun, ataupun kenangan, mimpi terbukti lebih kreatif. Di beberapa kasus, Lucid dream digunakan sebagai sarana memecahkan masalah atau sumber inspirasi.

4. Penyembuhan

Lucid dream selain dapat menyebuhkan phobia dapat juga mempercepat penyembuhan. Jika kita pernah mendengar visualisasi dapat membantu penyebuhan sakit. Maka tentu mimpi lebih baik dari pada sekedar visualisasi saja.Seperti kasus orang yang mengalami gangguan saraf (misal stroke), maka Lucid dream dapat membantu mempercepat penyembuhan, karena saat bermimpipun saraf kita masih aktif.

5. Lucid dream memberikan kita pandangan baru dalam melihat dunia. Pandangan yang lebih luas inilah yang mengarahkan lucid dreamer untuk mencari makna hidup. Dunia ternyata hanyalah konstruksi dari pikiran saja, Bagi lucid dreamer pengalaman yang ada di dalam mimpi sama berharganya dengan dunia nyata.

Apakah Lucid Dream Berbahaya?

Banyak efek positif dari Lucid Dream, telah dijelaskan bahwa mimpi buruk dapat diatasi apabila kita manyadari kalau itu hanyalah ilusi pikiran saja. Semua yang kita alami dalam mimpi seperti jatuh, atau terluka di dalam mimpi ternyta tidak kita rasakan saat kita bangun.Mati saat bermimpi karena mimpi buruk atau dilukai orang lain, tidak membuat kita mati sungguhan di dunia nyata. Beberapa kasus ada orang yang mati saat tertidur. tapi bagaimana kita tahu ia mati karena mimpi??.

Beberapa orang percaya bahwa setiap mimpi memiliki arti. Mimpi akan kematian melambangkan kehidupan, pembaharuan, dan transenden.Penelitian modern menunjukkan bahwa mimpi bukanlah pesan namun hanyalah model dari dunia nyata yang tercipta hasil kerja otak. Tapi setidaknya mimpi dapat memberikan petunjuk bagaimana kondisi pikiran kita. Semua petunjuk itulah yang kita gunakan untuk meningkatkan hidup kita, baik di dunia mimpi maupun di dunia nyata. Keseimbangan antara keduanya menjadikan kita manusia yang lebih baik.

Apakah Semua orang dapat belajar Lucid Dream?

Lucid Dream adalah kemampun yang harus dilatih, walau beberapa orang memiliki bakat secara alami. Namun bakat yang ada kalau tidak di barengi dengan pemahaman serta tujuan yang jelas pasti akan sia-sia. Sama seperti anak-anak yang mendapatkan lucid dream, mereka menikmatinya namun tidak mengerti apa yang sedang ia lakukan dan bagaimana ini terjadi. Dengan latihan yang rutin dan benar, smua orang dapat menjadi lucid dreamer.

Bagaimana mendapatkan Lucid Dream?

Banyak cara mendapatkan lucid dream, mulai dari cara kuno sampai modern dengan bantuan alat.

Dream recall (mengingat mimpi)

Sering kali kita bermimpi, namun saat kita bangun kita malah lupa. Atau ada orang yang mengatakan kalau ia jarang bermimpi. Sebenarnya setiap orang pasti bermimpi dan ini adalah siklus yang terjadi setiap malam.

Tujuan dream recall adalah

1.menjadikan kita familiar dengan keadaan mimpi yang nantinya digunakan untuk tehnik Lucid Dream.

2.memudahkan mengingat Lucid Dream, percuma mendapatkan lucid dream tapi saat bangun kita sama sekali tidak ingat.

Dream journal (jurnal mimpi)

Untuk membantu mengingat mimpi, kita harus menulis mimpi kita. Minimal sehari 1 mimpi. Dengan mengingkatnya kemampuan dream recall, semakin banyak mimpi yang dapat ditulis. Mimpi yang telah kita catat nantinya akan sangat berguna.

Pada awalnya sangat susah untuk mengingat mimpi, lama kelamaan akan terasa mudah.

Reality Check

Mengetest apakah ini mimpi atau bukan adalah hal yang mutlak dilakukan lucid dreamer. Saat bangun tidur, saat melakukan aktifitas, saat melihat sesuatu mengingatkan tentang mimpi. Namun dapat juga dilakukan untuk hal-hal yang spesifik seperti saat melihat kaca, melihat telapak tangan maupun hal lainnya.

Tujuan Utama kebiasaan ini agar saat bermimpi kita melakukan reality check. Dan itu akan membuat kita tersadar bahwa ini mimpi.

Cara melakukan reality check.

Reality Check dilakukan sesering mungkin dengan mengajuka pertanyaan sederhana, misal ,”Apakah ini mimpi?” jika yakin 100% ini bukan mimpi jawablah “ini bukan mimpi”kebiasaan ini terus dilakukan sampai suatu saat kita bermimpi, dan bertanya, “apakah ini mimpi”. nah. saat itulah anda akan tersadar. Seperti itulah reality check bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: