Alasan Oral B Ditarik Dari Peredaran

Produsen Protector and Gamble menarik obat kumur ‘Oral-B Tooth and Gum Care Mouth Rinse’ serta ‘Oral-B Tooth and Gum Care Alcohol-Free Mouth Rinse’ dari pasar Indonesia setelah terdeteksi adanya kandungan bakteri Burkholderia anthina.
Selain di Indonesia, produk ini juga ditarik peredarannya di beberapa negara, termasuk Kanada, Meksiko, Chili, Kolombia, Cina, Malaysia dan Filipina. Obat kumur bermasalah ini diproduksi di Kolombia.

Apakah bahaya bakteri Burkholderia anthina terhadap kesehatan?

Dalam rilisnya, Otoritas Kesehatan Singapura menyebutkan, orang sehat yang menggunakan obat kumur Oral B tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi, bagi yang mengalami masalah kesehatan atau imunitas rendah, seperti penyakit paru-paru kronis, lebih rentan terhadap infeksi bakteri ini. Disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter.

Burkholderia anthina adalah anggota Burkholderia cepacia complex (B. cepacia complex). Bakteri ini termasuk kelompok bakteri gram negatif dan berada di berbagai lingkungan berbeda.

Bakteri dapat ditemukan di dalam air, tanah dan lingkungan lembab lainnya. sama seperti Proteobacteria lain, seperti Escherichia, Salmonella, Vibrio, Helicobacter, Burkholderia anthina adalah patogen yang bertanggung jawab untuk fiksasi nitrogen.

Sebuah penelitian menyebut, Burkholderia cepacia menyebabkan fibrosis dan menjadi ancaman di berbagai rumah sakit di Amerika Serikat. Sebab, B. cepacia secara inheren tahan terhadap antibiotik ganda, baik antibiotik alami maupun buatan.

Riset yang dilakukan Holmes, Govan dan Goldstein mengungkap, strain B. cepacia muncul secara acak, sehingga penggunaan herbisida pada lahan pertanian harus dilakukan secara hati-hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: