Manchester United Tuntaskan Dendam

type=’html’>

Manchester United akhirnya bisa melupakan kekalahan menyakitkan mereka atas Barcelona di final Liga Champions musim lalu. Dalam sebuah laga persahabatan, anak-anak asuh Sir Alex Ferguson berhasil melakukan revans dengan kemenangan tipis 2-1.

Berlaga di FedEx Field, Amerika Serikat, Minggu (31/7/2011) pagi WIB, laga ulangan final Liga Champions musim lalu ini tampil dengan kekuatan berbeda. Baik Pep Guardiola maupun Sir Alex Ferguson sama-sama menurunkan skuad kombinasi antara pemain senior dan pemain muda.

Guardiola menempatkan enam pemain yang bermain di partai final di Wembley, yakni kiper Victor Valdes, Eric Abidal, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez dan David Villa. Sedangkan Fergie hanya menempatkan empat pilarnya di laga final yaitu, Patrice Evra, Nemanja Vidic, Nani dan Wayne Rooney.

Meski tanpa diperkuat sejumlah bintang, namun laga kedua tim tetap berlangsung sengit. Barca yang tidak diperkuat Lionel Messi dan Xavi Hernandez, tetap mampu menguasai jalannya pertandingan, meski tiki-taka mereka tidak berjalan dengan baik. Sementara itu, United memberikan perlawanan melalui serangan balik cepat.

Masuk menit ke-10, Rooney langsung menebar ancaman. Menerima umpan Nani, striker Timnas Inggris melepaskan tendangan first time yang sayangnya masih menyamping. Sementara Barca, meski menguasai bola namun terlihat masih kesulitan mendobrak rapatnya pertahanan United.

Laga mulai berjalan seru ketika masuk menit ke-22. Publik FedEx Field bergemuruh menyambut gol Luis Nani yang membawa United unggul 1-0. Memanfaatkan serangan balik, Danny Wellbeck yang melakukan akselerasi dari lapangan tengah mengirim umpan manis ke Nani yang langsung menerobos kotak penalti dan melepaskan tembakan yang meluncur di antara kaki Valdes dan masuk ke gawang. Untuk sementara United berhasil menuntaskan dendam atas Blaugrana.

Tertinggal gol, Barca menaikkan tempo permainan. Serangan demi serangan mulai dibangun Andres Iniesta yang diplot menjadi jenderal lapangan tengah mengisi pos Xavi. Namun, kedisiplinan para pemain United dalam menjaga area pertahanan memaksa Barca harus rela tertinggal 0-1 di akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Barca kembali mengambil inisiatif serangan. Namun, hingga masuk menit ke-60, kedua tim belum menciptakan peluang yang berarti. Kedua tim masih bertarung ketat di lapangan tengah.

Di menit ke-64, Wellbeck berpeluang menggandakan keunggulan United. Sayang, tembakannya masih mampu digagalkan Valdes. Michael Owen dan Nani yang coba memanfaatkan bola rebound juga gagal menceploskan si kulit bundar ke gawang.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan yang gagal, Thiago Alcantara akhirnya membuktikan kematangannya. Di hadang dua pemain United saat mencoba masuk kotak penalti, pemain muda Barcelona ini memutuskan untuk melepaskan tembakan yang tepat mengarah ke pojok kiri gawang De Gea. Barca menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 70. Ini merupakan gol keempat Alcantara sepanjang laga pra-musim Barca.

Namun, skor sama kuat tidak bertahan lama. Enam menit berselang, United kembali unggul melalui Michael Owen yang lepas dari perangkap offside. Dengan kematangannya, mantan striker Real Madrid ini berhasil memperdaya Valdes dengan sebuah tendangan chip yang meluncur mulus ke gawang. United kembali unggul 2-1.

Kembali tertinggal, Barca berupaya keras membuat kedudukan kembali imbang. Berbagai variasi serangan dibangun Iniesta dkk. Namun, mereka tak bisa leluasa mendominasi laga, karena United tetap mengancam lewat skema serangan balik cepat. Di menit akhir laga, Owen nyaris mempebesar keunggulan United andai sontekannya menyambut umpan silang Gabriel Obertan tidak melintas di atas mistar. Hingga wasit meniup peluit panjang, Barca gagal mencetak gol penyeimbang. Dengan kemenangan 2-1, United pun akhirnya sukses melakukan revans, meski hanya di laga persahabatan.

Line up Pemain:

Barcelona: Valdes; Fontas, Abidal, Alcantara, Keita; Busquets, Iniesta, dos Santos; Villa, Pedro, Afellay

Manchester United: De Gea; Evra, Vidic, Evans, Rafael; Cleverly, Anderson, Young, Nani; Rooney, Welbeck (acf)

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: