Cara Membaca Label Kosmetik

type=’html’>

KALAU Anda perhatikan, saat ini makin banyak produk kosmetik yang mengandung teknologi modern yang sering sudah dimengerti. Menurut aturan, sebenarnya setiap produsen kosmetik wajib mencantumkan komposisi produk dan informasi penting lainnya. Biar tak salah memilih, baca panduannya untuk Anda.
Alcohol Free
Dalam dunia kosmetik, kata alkohol merefer pada ethyl alkohol. Meski tertulis alcohol free,
 namun mungkin saja tetap mengandung alkohol jenis lain, misalnya cetyl, stearyl, cetearyl, atau lanolin alcohol. Efek dari bahan-bahan ini terhadap kulit berbeda dengan etyhil alkohol. Alkohol yang sering membuat kulit kering seperti isopropyl alcohol, jarang dipakai dalam produk kosmetik.
Not Tested on Animals
Meski peringatan ini menyiratkan produk ini tidak dicobakan pada hewan, tapi beberapa kandungan mungkin saja perlu dilakukan uji coba pada hewan. Carilah kata “no new testing” atau “not currently tested”. FDA sendiri tidak membuat definisi legal untuk kata ini.
Hypoallergenic cosmetic
Ini berarti produk kosmetik tersebut mengklaim tidak menyebabkan reaksi alergi atau efek samping alergi yang lebih kecil dibanding produk lain. Meski begitu belum ada prosedur standar yang dipakai untuk memastikan suatu produk tidak menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.
Noncomedogenic
Peringatan ini berarti produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang sering menyebabkan pori-pori tersumbat dan bisa menimbulkan jerawat.
Expiration date (shelf-life)
Setiap produk kosmetik wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa dalam kemasannya. Menyimpan kosmetik dalam tempat yang lembab atau hangat seperti kamar mandi akan membuat kosmetik lebih cepat kedaluwarsa.
Kandungan berbahaya
Berhati-hatilah membeli produk pemutih wajah yang tidak memiliki nomor registrasi di Departemen Kesehatan. Sejumlah razia yang rutin dilakukan pemerintah kerap menemukan produk pemutih kulit (skin lightening) yang mengandung merkuri (Hg), hidrokinon lebih dari dua persen, pewarna rhodamin B dan metanil yellow. Pemakaian merkuri dapat mengakibatkan kanker dan radang otak karena zat tersebut ikut larut dalam peredaran darah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: