5 Makanan yang Membuat Anda Sulit Tidur

type=’html’>


1. Cokelat
Secangkir minuman cokelat hangat di malam hari mungkin akan terasa nikmat. Tapi efeknya, Anda bisa sulit tidur semalaman. Walaupun hanya sekeping cokelat, kafein yang terdapat di dalamnya bisa membuat Anda sulit tidur. Terlebih lagi jika usia Anda yang sudah di atas 30 tahun. Seiring bertambahnya usia, orang akan semakin sensitif terhadap kafein seminimal apapun kadarnya. Selain itu, cokelat juga mengandung tyrosine, asam amino yang membentuk neutrotransmiter cathecolamine, yang berfungsi membuat seseorang dalam keadaan terjaga.

2. Daging Olahan
Daging-daging olahan seperti daging asap, burger atau sosis mengandung asam amino tyramine yang cukup tinggi. Zat ini akan memicu otak untuk melepas norepinephrine, yang membuat Anda selalu terjaga semalaman suntuk. Pilihlah daging ikan, ayam atau daging sapi segar untuk makan malam, bukan yang sudah mengalami proses pengawetan.

3. Minuman Energi
Minuman energi tinggi akan kafein, serta meningkatkan adrenalin dan kewaspadaan. Studi terbaru menunjukkan, bahkan ketika Anda meminumnya di siang hari, jika dikombinasikan dengan minuman lain yang berkafein tinggi seperti kopi atau teh, Anda akan sulit memejamkan mata hingga malamnya.

4. Saus Tomat, Cabai, Pizza dan Makanan Pedas
Selain sistem pencernaan yang akan terganggu di malam hari, makanan asam dan pedas juga bisa menyebabkan efek refluks dan heartburn yang bisa mengganggu kenyamanan Anda tidur. Dikutip dari detikhealth, refluks adalah aliran urin yang abnormal dari kandung kemih kembali ke tabung (ureter) yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Normalnya, urin hanya mengalir turun dari ginjal ke kandung kemih.

Sedangkan heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan. Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu.

5. Minuman Beralkohol
Segelas-dua gelas wine setelah makan malam, mungkin akan membuat Anda lebih rileks. Tapi beberapa jam kemudian, Anda akan sulit dapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini karena minuman beralkohol meningkatkan produksi urin sehingga membuat kita sering bolak balik kamar mandi di malam hari. Akibatnya, tubuh pun bisa mengalami dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: