Archive for the ‘air conditioner’ Category

Keju dari Air Susu Ibu

NEW YORK – Setelah sebelumnya muncul inovasi es krim dari air susu ibu, kini inovasi air susu ibu kembali hadir ke dalam pembuatan keju.

Sebuah toko khusus keju di New York, The Lady Cheese Shop, menawarkan pengalaman baru “rasa baru” tersebut bagi para penikmat keju tersebut.

Sang pemilik, Miriam Simun berharap keju dari air susu ibu ini dapat menjawab pertanyaan mengenai etika bioteknologi modern.

The Lady Cheese Shop, tempat dijualnya keju dari ASI

“Keju adalah sajian pembuka pada saat sebuah percakapan akan dimulai, banyak yang menyukainya walaupun banyak juga yang tidak suka,” ujar wanita jebolan sarjana dari New York University, demikian lansir Telegraph, Selasa (3/5/2011).

Bahkan Simun mengaku, ada tiga orang perawat yang meminta air susunya untuk dijadikan sebagai bahan keju buatannya.

Simun pun meneliti dahulu air susu tersebut, mensterilkan dan lalu mengolah dengan langkah-langkah dasar pembuatan keju.

Kini Simun memiliki tiga varian khusus yang tersedia hanya di hari Minggu, yaitu West Side Funk, Midtown Smoke yang disebut sebagai si “krim keju dari surga” yang rendah lemak dan mengandung saripati sayur-sayuran.

Air Zam-zam Kaya akan Mineral

Penemuan air zam-zam yang dijual di Inggris mengandung racun berpotensi menimbulkan kontroversi. Air zam-zam buat umat Muslim adalah air yang suci karena sering disebut dalam kitab suci bahwa kualitas air ini memiliki kandungan mineral yang tinggi. Apa saja kandungan air zam-zam tersebut?

Sebagai negara yang wilayahnya didominasi oleh gurun pasir, Arab Saudi tidak punya banyak pilihan untuk mendapatkan air bersih. Selain dari sumur dan mata air, kebutuhan air bersih dipenuhi dari desalinasi atau pemurnian air laut dan air minum dalam kemasan.

Air Zam-zam yang berasal dari sebuah mata air suci di sekitar Masjidil Haram termasuk air tanah yang kaya akan mineral. Dibadingkan air bersih yang diperoleh dari sumber lain di Arab Saudi, air tanah memiliki kandungan mineral paling tinggi.

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Dr Nour Al Zuhair dan Prof Rita Khounganian dari King Saud University untuk membandingkan kandungan mineral air Zam-zam. Sebagai pembandingnya adalah air keran yang ada di Arab Saudi, yang juga sering dikemas dalam botol.

Dari hasil penelitian tersebut seperti dikutip faculty.ksu.edu.sa, Senin (9/5/2011), salah satu kelebihan air Zam-zam adalah memiliki kandungan mineral khususnya fluoride yang lebih tinggi. Air Zam-zam yang diambil langsung dari sumbernya memiliki kadar fluoride 0,75 ppm sementara yang dialirkan melalui pipa sebanyak 0,68 ppm.

Kadar ini lebih tingi dibandingkan rata-rata kandungan fluoride dalam air keran di Arab Saudi yang hanya sekitar 0,28 ppm. Sementara menurut organisasi kesehatan dunia, tubuh manusia mampu menerima kandungan fluoride dalam air minum hingga kadar 1,5 ppm.

Bagi manusia, kadar fluoride yang tinggi dalam air minum bisa memberikan manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kekurangan fluoride bisa memicu gigi keropos atau dental caries yang jika memburuk bisa memicu infeksi pada gusi.

Kelebihan lain dari Air zam-zam adalah memiliki kandungan ion kalsium yang lebih tinggi, yakni 96 ppm baik yang diambil dari sumbernya maupun yang dialirkan melalui pipa. Sementara kadar ion kalsium dalam air keran di Arab Saudi rata-rata hanya 75,2 ppm.

[detikHealth]

Membuat AC Sendiri kipas angin

diambil dari notes fbnya bapak Aidil Heryana ,membuat AC sendiri dengan menggunakan kipas angin, dan dia sudah mencobanya pas ada ta’lim dan pas ramai orang..keren banget nich..bagi yang tidak punya AC dirumah sendiri (termasuk saya :D ).yuuk langsung aja..

Hawa panas belakangan ini, ekstrim banget. Di rumah panas, di jalan panasnya minta ampun.

Bagi sebagian orang–berkantong tebal–hal ini bukan masalah, di rumah bisa pasang AC, di jalan bisa milih kendaraan ber-AC pula.

Nah masalahnya sekarang buat yang berkantong tpis harus rela berpanas-panas ria…karena apa daya gak kuat beli AC ato daya Listrik kurang buat pasang AC….*situasi makin panas nih!!!

JANGAN MENYERAH! Ayo putar otak, cari solusi untuk dapetin suasana dingin.

Uups… setelah browsing sana-sini, akhirnya nemu tutorial bikin AC sederhana. Murah meriah, cuma perlu kreativitas aja kok!

OK kita mulai deh…



Bahan-bahan :

Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.

Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16″ panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) Rp 8000 – Rp 13.000/meter

Cable Ties secukupnya

Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) Rp 45.000 – Rp 65.000/pcs

Pipa plastik 3/16″ beli di toko bangunan. Harga –

Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN

Rp. 100.000,-

Harga tidak termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dll

Langkah-langkah!

1. Siapkan kipas angin dan copper Tubing

2. Lilitkan copper tubing di depan kipas angin.

Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah

Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah

Kencangkan dengan memakai kabel ties

Tinggal sambung aja. Gak perlu repot.

3. Sambungkan pipa tembaga dengan pipa plastik

Kalau pas dapat pipa yang ukurannya beda, bisa dikencangkan dengan menggunakan klem. Maksudnya agar tidak bocor.

4. Siapin pompa akuarium. cek mana inlet mana outlet. Terserah mo pake yg sebelah mana.

Biarkan ujung yang lain bebas. Untuk masuk/keluar air

Nah sekarang, saatnya buat uji coba hasil besutan kita….

Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan ES balok biar dingin!



AC sederhana siap bertugas mendinginkan suasana! Wuihh sueejuukk.

Selamat mencoba.

Prinsip kerjanya begini nih bro, sederhana aja kok!

– Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.

– Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.

– Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.

Maka, dingin deh ruangannya… Its simple!

Cocok buat kamar yang tertutup (seperti halnya AC agar dingin ruangan tetap terjaga dan optimal).